Jumat, 23 November 2012

I. ETIKA, HUKUM DAN KODE ETIK KEPERAWATAN


A.  Etika Keperawatan
1.      Pengertian
Etika adalah peraturan atau norma yang dapat digunakan sebagai acuan bagi perilaku seseorang yang berkaitan dengan tindakan yang baik dan buruk yang dilakukan seseorang dan merupakan kewajiban dan tanggungjawab moral    (nilai Ismani, 2001).
Etika berasal dari bahasa yunani “ethikos” yang artinya adat-istiadat atau kebiasaan, sedangkan moralitas berasal dari bahas latin yang juga mengandung arti sama yaitu adat-istiadat atau kebiasaan. Sumber lain membedakan antara etik dan moral, etika mempunyai arti prinsip-prinsip di belakang keharusan sedangkan moral mengandung arti tuntunan perilaku dan keharusan masyarakat. (Thompson dan Thompson,1981).
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia yang lama tentang  “etika” yaitu sebagai ilmu, namun ternyata penjelasan etika dalam kamus lama menjelaskan tidak secara lengkap (Poerwadarminta, 1953). Jika kita melihat penjelasan dalam Kamus Besar Bahasa yang baru (Departemen pendidikan & kebudayaan, 1988), dijelaskan bahwa “etika” membedakan 3 arti: 1) Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak);  2) Kumpulan azaz atau nilai yang berkenaan dengan akhlak; 3) Nilai mengenai benar atau salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

        Dengan demikian kita mendapatkan pengertian “etika” sebanyak 3 arti yaitu 1) Kata etika dapat diartikan sebagai nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. 2) Kumpulan asas atau nilai moral (kode etik), 3) etika adalah tentang hal-hal yang baik dan buruk. Etika dalam profesi keperawatan adalah kode perilaku yang memperlihatkan perbuatan yang baik bagi kelompok tertentu. Etika juga merupakan peraturan dan prinsip bagi perbuatan yang benar. Etika juga berhubungan dengan hal yang baik dan hal yang tidak baik, dan dengan kewajiban moral (Mimin Emi Suhaenmi, 2002). Mengenai pengertian tentang etika keperawatan banyak sekali pandangan namun dalam mata kuliah ini, saya selaku salah satu pengajar hanya membahas beberapa pandangan ahli saja mengingat saya dibatasi dengan garis-garis besar mata ajar atau silabus.
2.      Tujuan Etika Keperawatan
Menurut  American Ethics Commission Bureau On Teaching mengemukakan tujuan etika profesi keperawatan adalah :
a.     Mengenal dan mengidentifikasi unsur moral dalam praktek keperawatan
b.    Membentuk strategis/cara dan menganalisis masalah moral yang terjadi dalam praktek keperawatan
c.     Menghubungkan prinsip moral/pelajaran yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan kepada Tuhan, sesuai dengan kepercayaannya.
3.     Aliran Tentang Etika
Ada 3 aliran tentang etika :
a.     Aliran deskriptif yaitu aliran yang memberi gambaran dan penjelasan bagaimana manusia harus berperilaku dalam lingkungannya atau dalam masyarakat untuk memperoleh suatu tujuan
b.     Aliran etika normatif  yaitu aliran ini member jawaban atas pertanyaan tentang hal yang baik dan yang benar, jadi merupakan suatu ukuran untuk menilai suatu perilaku yang baik dan benar
Aliran etika pluralisme yaitu aliran yang menjadi pedoman perilaku dalam mengumpulkan banyak informasi untuk mengukur kompleksitas situasi tertentu dan mempertimbangkan tindakan etika (etika diambil manusia untuk melakukan tindakan yang bersifat etis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar